AKTIVITAS TERBARU

Peserta KKN Unars Buka Sejumlah Obyek Wisata

Salah satu kesuksesan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Abdurrahman Saleh (Unars) Situbondo tahun 2020 adalah membuka sejumlah obyek wisata. Ada beberapa destinasi yang sebelumnya, kini sudah bisa dikunjungi.
Rektor Unars Situbondo, Karnadi mengatakan, ini bentuk komitmen membantu program pemerintah dalam pengembangan pariwisata. Salah satu destinasi yang dibuka peserta KKN adalah Wisata Bukit Kidul yang ada di Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji.
Ada juga obyek yang mirip Wisata Kampung Blekok. Mahasiswa menamakan dengan wisata Gina Portugis Beach. Tempatnya di Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan. “Melalui berbagai usaha keras, mahasiswa membuka akses jalan bersama-sama dengan masyarakat. Gina Portugis Beach telah diresmikan bupati,” terang Karnadi.

Karnadi menerangkan, di destinasi yang dibuka itu, telah dilengkapi dnegan fasilitas pendukung. Seperti gazebo, ayunan, kursi, papan penunjuk jalan, serta tempat berswafoto dengan background menarik. “Di Pantai Cemara Desa Duwet, Kecamatan Panarukan dibangun gapura sebagai identitas wisata,” katanya.

Peserta KKN Unars Situbondo juga menyelenggarakan pelatihan pembuatan produk-produk dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar. Seperti pembuatan sirup srikaya dan olahan pangan modern. “Kegiatan lainnya, sosialisasi kesehatan, ternak, pertanian. Mahsiswa juga memberikan pelatihan packaging label dan branding hingga digital marketing,” jelas Karnadi.
Dia berharap, program-program yang dilaksanakan peserta KKN bisa dilanjutkan oleh pemerintah desa setempat. Sehingga, memberikan dampak jangka panjang terhadap kesejahteraan masyarakat. “Kami tidak ingin program berhenti setelah KKN selesai,” imbuhnya.
Menurut Karnadi, membangun daerah memang harus bersinergi. Tidak cukup hanya dibebankan kepada pemerintah saja. Tetapi membutuhkan keterlibatan semua elemen. Termasuk perguruan tiggi. “Kalau sudah bersama, pasti ada hasilnya,” pungkasnya.
KKN tematik Unars tahun 2020 dilaksanakan selama 45 hari. Adanya beberapa destinasi yang berhasil dibuka peserta KKN Unars diapresiasi Bupati Dadang Wigiarto. Kata dia, mahasiswa sukses menjalankan berbagai program ekonomi kebersamaan yang digagas pemerintah daerah
“Harapannya, Unars bisa mendukung berbagai kegiatan yang ada di wisata wisata. Seperti terselenggaranya permainan edukasi maupun kegiatan lomba-lomba kepada masyarakat,” ujar bupati.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakultas Ekonomi - Universitas Abdurachman Saleh Situbondo - Jl. PB. Sudirman 07 Situbondo - Telp. (0338) 680243 - E-mail : ekonomi.unars@gmail.com - Facebook : Fakultas Ekonomi Unars - Instagram : @Fakultas Ekonomi Unars - Website : www.fe.unars.ac.id

Copyright © 2018 Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo

To Top
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo