AKTIVITAS TERBARU

FE Unars siap Bertarung di Era Digital

Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Abdurahman Saleh (Unars) terus melakukan terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan pola fikir dan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Salah satu program unggulan yang dimiliki FE adalah pengembangan kewirausahaan berbasis digital.

Menurut Dekan FE Unars, Drs. Karnadi, M.Si program tersebut sudah sesuai dengan visi FE Unars. Yaitu unggul di bidang ilmu ekonomi berbasis tekhnologi dan kewirausahaan.

“Kami sejak awal berkomitmen membawa FE menjadi fakultas unggulan. Apalagi saat ini sudah masuk era digital. Segala sesuatu serba tidak menentu juga tak ada batas ruang waktu,” ucapnya.

Drs. Karnadi, M.Si mengatakan, pihaknya menggodok mahasiswa secara matang sejak semester satu hingga semester tujuh. Diharapkan, ketika lulus dari FE, mereka mampu menjadi pemain pasar baru yang mempunyai daya saing global.

“Kami optimis fakultas ekonomi dapat merubah mindset masyarakat Situbondo untuk menjadi pengusaha. Tentunya melalui peran mahasiswa dan lulusan. Jika warga Situbondo 50% saja menjadi sukses berwirausaha, tentu kota santri akan menjadi daerah berpendapatan menengah ke atas. Oleh karena itu, beberapa program yang kami terapkan dalam pelaksanaan tridharma mengutamakan pengembangan jiwa kewirausahaan,” ucapnya.

Menurt Drs. Karnadi, M.Si pihaknya telah mengaplikasikan program pengembangan kewirausahaan berbasis digital ke dalam beberapa mata kuliah. “Dalam kegiatan akademik, mahasiswa tidak hanya menerima materi atau teori saja. Namun juga dilatih dan diwajibkan untuk memiliki usaha masing-masing. Yakni dengan menciptakan satu produk yang unggul dan juga memiliki online store,” paparnya.

Lebih lanjut, kata Drs. Karnadi, M.Si, mahasiswa akan mendapatkan nilai bagus apabila produk yang diciptakan direspon dengan baik di pasar. Sehingga dapat dipastikan alumni FE memiliki kompetensi  dalam kewirausahaan dan berkemampuan luas dalam penggunaan IT.

“Mahasiswa juga terus diberi pendampingan oleh Dosen yang kompeten dalam bisnis secara berkesinambungan. Tujuannya untuk memastikan bisnisnya berjalan dengan baik dan benar. Saya selaku dekan juga secara rutin berkunjung ke beberapa tempat mahasiswa dan alumni yang usahanya berkembang dan sukses. Hal ini merupakan bentuk dukungan FE dalam menciptakan pengusaha muda,” tuturnya.

Selain itu, FE juga mendorong mahasiswa untuk aktif dalam program Gerakan Kewirausahaan Nasional bersama kementerian koperasi. Baik itu berbentuk lomba kewirausahaan tingkat nasional, bisnis class, pelatihan-pelatihan produk hingga sertifikasi kompetensi.

“Tidak cukup itu saja, dosen FE juga kami arahkan untuk memberikan pendampingan-pendampingan bagi UKM dan Wisata Situbondo. Terbukti beberapa wisata dan UKM yang dikembangakan telah mampu bersaing dengan baik di pasar. Dengan demikian, dosen mendapatkan pengalaman yang bisa menjadi bekal untuk proses belajar mengajar di dalam kelas,” ucapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakultas Ekonomi - Universitas Abdurachman Saleh Situbondo - Jl. PB. Sudirman 07 Situbondo - Telp. (0338) 680243 - E-mail : ekonomi.unars@gmail.com - Facebook : Fakultas Ekonomi Unars - Instagram : @Fakultas Ekonomi Unars - Website : www.fe.unars.ac.id

Copyright © 2018 Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo

To Top
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo