AKTIVITAS TERBARU

FAKULTAS EKONOMI UNARS BEKERJASAMA DENGAN BPS SITUBONDO SELENGGARAKAN EXPOSE DATA STATISTIK BAGI 170 MAHASISWA

Foto Bersama Kepala BPS, Dekan dan Dosen FE UNARS

Senin, 05 November. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kampus I UNARS Situbondo, Dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi Drs. Karnadi, M.Si, Kepala BPS Bapak Ir. Prayogo Setyo Widodo, M.M. beserta pejabat Struktural Badan Pusat Statistik (BPS) Situbondo, Seluruh Dosen Fakultas Ekonomi dan sebanyak 150 Mahasiswa semester juga turut hadir di kegiatan ini. Kegiatan Expose data ini merupakan hasil dari kerjasama Fakultas Ekonomi dengan BPS Situbondo yang sekaligus memperingati hari statistik nasional.

Pemateri kegiatan ini dari Kepala BPS Situbondo, Dekan Fakultas Ekonomi dan satu Dosen Fakultas Ekonomi UNARS. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi data-data statistik yang bisa berguna khususnya bagi kalangan akademik dan masyarakat umum. Mahasiswa secara langsung diberikan pemahaman bagaimana cara mendapat data statistik serta apa saja kegunaanya. Bagi dunia pendidikan yaitu mahasiswa dan dosen, data ini bisa menjadi dasar penelitian khususnya untuk penyusunan artikel atau tugas akhir (skripsi).  Mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat banyak pertanyaan yang diajukan kepada ketiga pemateri khsusunya terkait dengan angka kemiskinan, bagaimanakah masyarakat bisa dikategorikan miskin serta apa saja ukuran atau indikatornya. Kegiatan kuliah umum sekaligus diskusi berlangsung lancar hingaa jam 12.00 WIB.

Materi pertama diberikan oleh dekan fakultas ekonomi. Dekan memberikan arahan bagaimana pemerintah daerah seharusnya menggandeng perguruan tinggi untuk menyusun program pemberdayaan masyarakat. Tanpa melibatkan banyak pihak mustahil kebijakan-kebijakan pemerintah mampu mencapai target yaitu mensejahterakan masyarakat. UNARS selama ini sudah banyak bekerjasama khsusunya dengan OPD terkait dalam hal kajian ekonomi, program pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi serta perbaikan sistem tata kelola anggaran. Hal ini tujuannya tentu untuk memberikan arahan yang objektif terhadap kondisi yang terjadi di lapangan saat ini.
Foto. Dekan FE berikan Materi Statistik

Materi kedua oleh kepala BPS Situbondo Bapak Ir. Prayogo Setyo Widodo, M.M.
Pentingnya memahami data khususnya bagi adik adik mahasiswa. Karena dengan memahami data statistik kita bisa memahami bagaimana kondisi ekonomi, Sosial dan pendidikan daerah kita secara real atau sebenarnya. Data kemiskinan memang menjadi sorotan utama saat ini mengingat banyaknya masyarakat yang masih masuk dalam kategori miskin di kabupaten ini, disamping itu masalah angkatan kerja yang menganggur khususnya sarjana yang juga masih cukup besar. Oleh sebab itu peran pemerintah dalam hal ini cukup penting bagaimana masyarakat yang masuk kategori miskin bisa naik ke tingkat yang lebih baik stratanya.
Foto. Kepala BPS memberikan Materi

Materi ketiga diberikan oleh Lita Permatasari, M.S.A., A.k. materi yang disampaikan terkait dengan pentingnya dana desa untuk membangun perekonomian. adanya dana desa sebenarnya bisa mengangkat perekonomian masyarakat desa. Potensi yang ada di desa tersebut salah satunya dengan adanya even-even desa, seperti pawai budaya. Wisata hidroponik, Pemberdayaan masyarakat, pengembangan BUMDes dan lain-lain. Kali ini juga sedang digagas dana kelurahan.. tentu ini sangat bermanfaat untuk utamanya membangun perekonomian masyarakat.
Foto. Dosen FE UNARS berikan Materi

Harapa Dekan Fakultas Ekonomi UNARS agar kegiatan ini terus dilaksanakan kedepannya di kampus FE UNARS, mengingat masyarakat akademisi sangat membutuhkan data-data strategis untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi.

Foto Proses Tanya jawab Mahasiswa dengan Pemateri

Foto MC. Muhammad Novi

Foto. Menyanyikan Indonesia Raya
Foto. Pidato Oleh Dekan FE UNARS

Foto. Panitia Pelaksana

 

by admin. @dika_fandy

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakultas Ekonomi - Universitas Abdurachman Saleh Situbondo - Jl. PB. Sudirman 07 Situbondo - Telp. (0338) 680243 - E-mail : ekonomi.unars@gmail.com - Facebook : Fakultas Ekonomi Unars - Instagram : @Fakultas Ekonomi Unars - Website : www.fe.unars.ac.id

Copyright © 2018 Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo

To Top
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo