AKTIVITAS TERBARU

FAKULTAS EKONOMI UNARS DORONG PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP

Sebagai satu-satunya kampus terbesar di Kabupaten Situbondo, Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo terus mendorong program entrepreneurship bagi seluruh mahasiswa dan alumninya, Untuk mewujudkan cita-cita utamanya yaitu agar teciptanya pengusaha-pengusaha baru di masyarakat Situbondo , dengan harapan nantinya bisa menjadi penggerak ekonomi kreatif di masa mendatang.

Langkah strategis ini dilakukan melalui program pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis, melaksanakan kurikulum pendidikan entrepreneurship dan seminar dengan melibatkan alumni dan mahasiswa. Dekan juga mendukung program hibah wirausaha pemula dari pemerintah untuk mendukung pengembangan bisnis mahasiswa. Disamping itu  kerjasama terus dilakukan untuk bisa menjembatani siswa yang ingin bekerja di Lembaga keuangan maupun manufaktur. Melalui kerjasama tersebut para alumni bisa langsung mengikuti seleksi kerja di kampus UNARS sendiri. Terbukti saat ini banyak mahasiswa kami yang sudah bekerja di Bank

Saat ini data pekerjaan alumni fakultas Ekonomi UNARS telah terdata dengan baik, salah satunya Perkembangan bisnis alumni yang terus dipantau melalui jejaring sosial dan melalui tracer alumni dan dipublikasikan ke dalam website fakultas. Hingga saat ini mayoritas lulusan telah memiliki pekerjaan dan sebagian memilih jalur wirausaha/entrepreneurship. Data ini bisa menjadi dasar bagi kami untuk menentukan strategi kedepannya bagaimana mahasiswa setelah menjadi seorang sarjana, tidak lagi bingung mencari pekerjaan.

Salah satu profile mahasiswa yang menjadi Entrepreneur sekaligus Dosen

Hingga saat ini FE UNARS Situbondo sukses mencetak lulusan-lulusan entrepreneur muda sukses. Salah satunya Pemilik Industri Rumah Kerajinan Trebungan Randika Fandiyanto, S.E., M.M (24th) yang merupakan Alumni terbaik Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo tahun 2015, industri ini merupakan penghasil kerajinan gantungan kunci, vandel (cinderamata), dramabox, diorama, souvenir dan  beberapa kayu lainnya. Setelah lulus menjadi sarjana pada bulan desember tahun 2015, Dekan Fakultas Ekonomi secara resmi merekrutnya untuk menjadi Dosen, sembari melanjutkan studi doktornya (s3) hingga menjadi dosen tetap yayasan saat ini. Disamping itu bentuk perhatian kepada alumninya untuk bisa berpendidikan tinggi, sukses berbisnis maupun pekerjaanya. Hingga saat ini randika tersebut kita dorong terus agar usahanya terus berkembang melalui binaan-binaan fakultas dan kita juga mendorong agar menjadi Doktor termuda di Kabupaten Situbondo  (ungkap dekan)

Pria yang akrab disapa pak dika ini terus mengembangkan bisnis kerajinannya hingga sekarang. Bisnis tersebut yang dibangun dengan model bisnis to bisnis (b2b) dan bisnis to customer (b2c) sehingga Banyak karya yang telah dihasilkan. Hingga saat ini berbagai jenis kerajinan hingga lebih 1000 desain produk lebih telah muncul di pasar ecommerce…

Usahanya dimulai sejak mendapat tugas matakuliah kewirausahaan I dan II ketika masih Kuliah di UNARS semseter IV (empat) untuk membuat project bisnis mahasiswa. Diawali dengan memanfaatkan limbah kayu  membuat gantungan kunci. Selanjutnya Produk dipresentasikan untuk diuji kelayakan oleh dosen dan kemudian dipasarkan melalui pemasaran langsung maupun melalui e-commerce. Melalui kegiatan inilah bisnis-bisnis mahasiswa mulai muncul dan dapat berkembang pesat melalui bimbingan dosen secara  langsung.

Selama masih menjadi mahasiswa, fe unars juga berupaya untuk mendukung usahanya agar memperoleh hibah wirausaha dari pemerintah pusat, terbukti ketika itu lolos dalam program pengembangan wirausaha pemula dari kementerian koperasi. Hingga saat ini fakultas ekonomi juga terus mengikutserakan sebagian besar mahasiswanya dalam program gerakan mahasiswa wirausaha, dan di tahun 2018 sebanyak dua mahasiswa lolos mendapat hibah tersebut.

Dekan Fakultas ekonomi beserta jajaran di fakultas juga rutin melakukan kunjungan ke beberapa alumni setiap bulannya untuk memastikan dan memberikan dukungan agar bisnisnya berjalan lancar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakultas Ekonomi - Universitas Abdurachman Saleh Situbondo - Jl. PB. Sudirman 07 Situbondo - Telp. (0338) 680243 - E-mail : ekonomi.unars@gmail.com - Facebook : Fakultas Ekonomi Unars - Instagram : @Fakultas Ekonomi Unars - Website : www.fe.unars.ac.id

Copyright © 2018 Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo

To Top
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo