Akhir-akhir ini banyak sekali pengusaha online bermunculan baik di media sosial ataupun di ecommerce. Sayangnya banyak dari pelaku bisnis online mengalami kegagalan secara instan.
Fenomena ini tentu menjadi perhatian peneliti dari Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo.
Mengapa 95% bisnis online sering gagal? Sebenarnya karena beberapa faktor :
1. KURANG YAKIN PADA BISNIS SENDIRI
Ya, jelas hal tersebut membuat kita selalu labil alias PLINPLAN pada usaha kita, ditambah lagi ketia muncul usaha-usaha lain yang selalu terlihat lebih bagus dari usaha kita.
Ingatlah bahwa sesuatu yang besar butuh waktu untuk mendapatkannya, Bahkan seperti halnya perusahaan besar yang dimulai dengan proses yang tidak mudah dan butuh waktu serta pengorbanan yang besar, “tidak semudah seperti di Sinetron gitu”.
Berbisnis yang sukses itu tidak semata-mata karena uangnya, tapi kejarlah progres dari usaha anda dan nanti juga akan memperoleh keuntungan yang sedikit-demi sedikit akan terus meningkat . Peganglah prinsip bahwa “setiap usaha saya pasti akan ada hasilnya” no action ya no result dan tidak mungkin hasil menghianati usaha itu sendiri.
2. FOKUSLAH PADA SATU BISNIS SAJA DULU
Disamping itu ada prinsip lain yang harus kita pegang yaitu mengawali bisnis jangan pinplan, satu bisnis saja dijalankan dan jangan mudah bosan, tunggulah waktu sembari melakukan expansi pada usaha kita. Karena dalam prinsipnya tidak ada bisnis yang paling bagus di dunia ini, dan tidak semua bisnis yang bagus itu bisa cocok untuk semua orang
Kalau kita tidak fokus maka pesaing akan dapat dengan mudah mengalahkannya baik dipasar online maupun di pasar offline
3. KURANGI MEMBACA INFORMASI BISNIS YANG TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN USAHA KITA
Semakin banyak informasi yang tidak ada hubungannya dengan usaha kita justru akan memberikan dampak yang kurang baik bagi usaha kita, Banyaknya informasi membuat pengusaha menjadi tidak fokus Pada usaha yang baru kita rintis, emosional melihat bisnis lainnya terlihat lebih baik sehingga muncul sikap psimis diri, ya sangat jelas semangat akan turun pada usaha kita sendiri.
Carilah informasi yang berkaitan saja seperti pasar, mitra, harga dan lain-lain
Yang lebih bisa mempengaruhi pendirian pada kita untuk mengejar prospek bisnis kedepan
4. TIDAK ADANYA MITRA YANG JELAS ATAU JARINGAN PENJUALAN
Perbanyak membuka mitra penjualan, jika mampu bentuk komunitas penjualan online di beberapa daerah tentu sangat membantu bisnis kita, mungkin bisa dengan konsep bagi hasil. Mitra yang memiliki pangsa pasar lebih luas tentu akan sangat membantu penjualan usaha kita.
5. TIDAK ADANYA DIVERSIFIKASI PRODUK
Konsumen selalu punya bosan, jika satu jenis produk bisa diversifikasi (inovasi) menjadi beberapa jenis maka bisa mengirangi rasa bosan konsumen. Disamping itu juga loyalitas konsumen kita bisa tetap dibangun. Ingatlah bahwa banyak orang yang ingin meniru usaha kita, maka ciptakanlah inovasi dan jangan pernah berhenti sampai pesaing tidak mampu mengejar kita
6. BERDO’A KEPADA ALLAH UNTUK KESUKSESAN USAHAMU
@Dika.Fandy
Semoga Sukses