Home / Sekilas Fakultas Ekonomi

Sekilas Fakultas Ekonomi

logoBAN-PT2014

 

Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo dibawah Yayasan Pendidikan Abdurachman Saleh yang didirikan berdasarkan Akte Notaris Sapran Siswowiyoto, SH. Nomor 4 Tanggal 15 Agustus 1981 dan perubahan terakhir kalinya melalui Akte Notaris Lukman Hakim Gusti, SH. Nomor 9 tanggal 12 Agustus 1999, memiliki program studi Manajemen pada tahun 1981 dan mendapat status Terdaftar tahun 1986 berdasarkan SK. Mendikbud No : 0395/O/1986. Status tersebut kemudian ditetapkan kembali berdasarkan SK. Dirjen Dikti Depdikbud No : 275/DIKTI/KEP/1993, tanggal 16 Juni 2000 terakreditasi dengan nilai C berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional No : 008/ BAN-PT/AK-IV/VI/2000, dan terbaru terakreditasi dengan nilai B berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional No: 429/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014, sejak tanggal 02 November 2014

Dalam perkembangannya, Fakultas Ekonomi sangat tergantung sekali pada jumlah mahasiswa yang setiap tahunnya selalu berubah, sehingga perlu dipikirkan mengenai target mahasiswa yang harus diterima pada masa yang akan datang. Oleh karena itu untuk mengimbangi jumlah mahasiswa yang selalu berubah tersebut, perlu sekali memprioritaskan program-program penunjang yang sangat dibutuhkan dalam perolehan mahasiswa maupun kualitas lulusan yang dihasilkan.

Prioritas program yang harus dijalankan oleh fakultas tentunya harus selaras dengan kebijaksanaan Universitas, oleh karena itu perhatian utama dalam menentukan program yang akan dijalankan sesuai dengan persepsi Fakultas Ekonomi adalah meliputi bidang kelembagaan, bidang akademik, bidang kemahasiswaan dan alumni, bidang budaya dan dinamika kerja, dan bidang sumber dana dan anggaran.

Sasaran bidang kelembagaan antara lain adalah meningkatkan efektifitas pengelolaan administrasi kelembagaan, dan meningkatkan kinerja maupun produktivitas. Sedangkan arah kebijaksanaannya adalah pemberdayaan lembaga, peningkatan penggunaan bersama sumber daya yang ada.

Sasaran bidang akademik adalah meningkatkan relevansi dan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sedang arah kebijaksanaannya adalah peningktan mutu tenaga pengajar, penyesuaian kurikulum, perbaikan kualitas program studi, pengembangan program penelitian staf pengajar yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan peningkatan relevansi maupun kualitas program pengabdian pada masyarakat.

Sasaran bidang kemahasiswaan dan alumni adalah peningkatan produktivitas dan kulaitas mahasiswa, penataan dan peningkatan fungsi Lembaga Keluarga Alumni Universitas Abdurachman Saleh (KAUNARS). Sedangkan arah kebijaksanaannya adalah meningkatkan fungsi organisasi kemahasiswaan lebih kreatif dan produktif sesuai dengan profesinya, menjadikan lembaga KAUNARS sebagai penghimpun potensi dan peluang pengembangan Universitas Abdurachman Saleh.

Sasaran bidang budaya dan dinamika kerja adalah terciptanya budaya dan dinamika kerja yang kreatif dan profesional disetiap unit kerja, peningkatan disiplin kerja. Sedang arah dan kebijaksanaannya adalah mempertegas fungsi dekan tidak hanya sebagai pengelola (manajer) fakultas, tetapi lebih mengutamakan sebagai pimpinan (ledear), karena fungsi pengelola lebih diperankan oleh para pembantu dekan.

Sasaran bidang sumber dana adalah otonomi pengelolaan dan pendanaan pada program-program tertentu dengan batas kewenangan sesuai peraturan, sedangkan arah kebijaksanannya adalah peningkatan produktivitas unit-unit kegiatan yang mampu menghasilkan dana secara mandiri.

Sasaran dan arah kebijaksanaan Universitas yang dapat diserap oleh fakultas tersebut diatas dapat dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan maupun pengembangan sesuai dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki fakultas, sehingga program kerja yang dibuat diharapkan mempunyai tingkat pencapaian yang maksimal.