PROGRAM STUDI

Visi dan Misi Program Studi Manajemen

Visi

Menjadi program studi yang profesional dalam pengembangan manajemen kreatif di tingkat nasional tahun 2026

Misi

  1. Membentuk lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, kreatif dan inovatif serta berjiwa wirausaha;
  2. Menyelenggarakan pendidikan ilmu manajemen yang berbasis riset, kewirausahaan dan etika;
  3. meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan;
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang manajemen melalui proses belajar mengajar yang inovatif dan kreatif;
  5. Menginspirasi dan memberdayakan masyarakat melalui pendidikan,  penelitian dan pengabdian.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang beretika, mandiri, serta berjiwa wirausaha;
  2. Menghasilkan sarjana yang mampu melaksanakan penelitian berbasis riset dan tekhnologi kewirausahaan;
  3. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional;
  4. Mewujudkan proses belajar mengajar yang inovatif, kreatif dan berbasis tekhnologi;
  5. Terwujudnya masyarakat yang mandiri secara ekonomi.

 

Profil Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unars Situbondo

Kampus yang terletak di Jl.PB. Sudirman menjadi satu-satunya kampus yang ada di Kabupaten Situbondo menjadi icon disitubondo sebagai kampus yang paling berkualitas. Beberapa even nasional maupun di internasional kampus UNARS selalu aktif mengikutinya. Kampus yang memprioritaskan program kewirausahaan ini telah banyak menghasilkan lulusan pengusa baru (start-up) industri kreatif. Suasana Pendidikan yang berada di pusat kota Situbondo ini tentu menjadikan kampus unars mudah diakses dari berbagai daerah.

Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo dibawah Yayasan Pendidikan Abdurachman Saleh yang didirikan berdasarkan Akte Notaris Sapran Siswowiyoto, SH. Nomor 4 Tanggal 15 Agustus 1981 dan perubahan terakhir kalinya melalui Akte Notaris Lukman Hakim Gusti, SH. Nomor 9 tanggal 12 Agustus 1999, memiliki program studi Manajemen pada tahun 1981 dan mendapat status Terdaftar tahun 1986 berdasarkan SK. Mendikbud No : 0395/O/1986. Status tersebut kemudian ditetapkan kembali berdasarkan SK. Dirjen Dikti Depdikbud No : 275/DIKTI/KEP/1993, tanggal 02 September 2014   Fakultas Ekonomi secara resmi telah memiliki Akreditasi dengan nilai “B” berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional No: 429/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014.

Dari Sisi mahasiswa baru setiap tahunnya FE UNARS terus megalami pertumbuhan yang signifikan, tahun Sebelumnya yaitu 2016 Jumlah Mahasiswa Baru mencapai 400 Mahasiswa dan Pada Tahun 2017 ini Jumlah maba terdaftar mencapai 500 Mahasiswa Baru. Peningkatan  ini tidak terlepas dari komitmen yang dibangun Dekan Fakultas Ekonomi UNARS Drs. Karnadi  untuk terus memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan Melalui beberapa program kegiatan baik di dalam akademik maupun diluar akademik sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat secara luas. Nantinya kedepan Fakultas Ekonomi UNARS  memiliki target untuk memperoleh nilai Akreditasi Program Studi dengan predikat A.

  

Rencana Strategis Fakultas Ekonomi Unars

Rencana strategis fakultas ekonomi UNARS menjadi landasan untuk menyusun kebijakan dan melangkah kedepan, sehingga dalam perjalanannya dapat sesuai dengan target yang telah ditetapkan bersama. Rencana strategis ini meliputi menghasilkan lulusan dengan rata-rata ipk 3,2, masa studi 4 (empat) tahun, menghasilkan kajian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis kearifan lokal rata-rata 10 judul pertahun,  masa tunggu 3 bulan sehingga mahasiswa tidak perlu lama untuk mendapatkan pekerjaan terhitung sejak lulus/ menjadi sarjana,  rata-rata pendapatan yang diterima alumni rp. 1.750.000 s.d rp 2.500.000 per bulan dan menghasilkan nota kesepahaman kerjasama rata-rata dua MOU pertahun, peningkatan sarana, memaksimalkan program kewirausahaan sehingga  menghindari angka pengangguran sarjana dan pengembangan sumber daya yang dimiliki.

Disamping itu mayoritas  dosen fakultas ekonomi UNARS saat ini telah banyak menempuh pendidikan Doktor (S3), dengan demikian dipersiapkan untuk membuka  program pascasarjana beberapa tahun mendatang. Disamping itu hal tersebut juga untuk mempersiapkan membuka program studi  (S1) Akuntansi, beberapa Dosen yang berpengalaman diantaranya dosen yang telah  memiliki gelar profesi akuntan, Hal ini juga menjadi peluang melihat prosepek kebutuhan lulusan akuntansi saat ini yang masih sedikit dan banyak dibutuhkan sekaligus akan menjadi satu-satunya kampus yang memiliki jurusan Akuntansi  Di Kabupaten Situbondo.

 

 Arah Kebijakan Lembaga

Dalam perkembangannya, Fakultas Ekonomi sangat tergantung sekali pada jumlah mahasiswa yang setiap tahunnya selalu mengalami pertumbuhan yang signifikan, sehingga perlu dipikirkan mengenai target mahasiswa yang harus diterima pada masa yang akan datang. Oleh karena itu untuk mengimbangi jumlah mahasiswa yang selalu berubah tersebut, perlu sekali memprioritaskan program-program penunjang yang sangat dibutuhkan dalam perolehan mahasiswa maupun kualitas lulusan yang dihasilkan.

Prioritas program yang harus dijalankan oleh fakultas tentunya harus selaras dengan kebijaksanaan Universitas, oleh karena itu perhatian utama dalam menentukan program yang akan dijalankan sesuai dengan persepsi Fakultas Ekonomi adalah meliputi bidang kelembagaan, bidang akademik, bidang kemahasiswaan dan alumni, bidang budaya dan dinamika kerja, dan bidang sumber dana dan anggaran.

  • Sasaran bidang kelembagaan antara lain adalah meningkatkan efektifitas pengelolaan administrasi kelembagaan, dan meningkatkan kinerja maupun produktivitas. Sedangkan arah kebijaksanaannya adalah pemberdayaan lembaga, peningkatan penggunaan bersama sumber daya yang dimiliki.
  • Sasaran bidang akademik adalah meningkatkan relevansi dan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sedang arah kebijaksanaannya adalah peningktan mutu tenaga pengajar, penyesuaian kurikulum, perbaikan kualitas program studi, pengembangan program penelitian staf pengajar yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan peningkatan relevansi maupun kualitas program pengabdian pada masyarakat.
  • Sasaran bidang kemahasiswaan dan alumni adalah peningkatan produktivitas dan kualitas mahasiswa, penataan dan peningkatan fungsi Lembaga Keluarga Alumni Universitas Abdurachman Saleh (KAUNARS). Sedangkan arah kebijaksanaannya adalah meningkatkan fungsi organisasi kemahasiswaan lebih kreatif dan produktif sesuai dengan profesinya, menjadikan lembaga KAUNARS sebagai penghimpun potensi dan peluang pengembangan Universitas Abdurachman Saleh.
  • Sasaran bidang budaya dan dinamika kerja adalah terciptanya budaya dan dinamika kerja yang kreatif dan profesional disetiap unit kerja, peningkatan disiplin kerja. Sedang arah dan kebijaksanaannya adalah mempertegas fungsi dekan tidak hanya sebagai pengelola (manajer) fakultas, tetapi lebih mengutamakan sebagai pimpinan (ledear), karena fungsi pengelola lebih diperankan oleh para pembantu dekan.
  • Sasaran bidang sumber dana adalah otonomi pengelolaan dan pendanaan pada program-program tertentu dengan batas kewenangan sesuai peraturan, sedangkan arah kebijaksanannya adalah peningkatan produktivitas unit-unit kegiatan yang mampu menghasilkan dana secara mandiri.

Sasaran dan arah kebijaksanaan Universitas yang dapat diserap oleh fakultas tersebut dandapat dijadikan sebagai acuan untuk melakukan perbaikan maupun pengembangan sesuai dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki fakultas, sehingga program kerja yang dibuat diharapkan mempunyai tingkat pencapaian yang maksimal.

 

Kerjasama

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis KKNI dan mampu menjawab tantangan perekonomian global, Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo bekerjasama dengan beberapa Instansi.  Saat ini Fakultas ekonomi unars telah  bekerjasama dengan beberapa instansi untuk bisa meningkatkan kapabilitas sistem akademik yang dijalankan selama ini, seperti kesempatan magang, kuliah umum oleh mitra kerjasama, pendampingan, kunjungan kerja dan lain-lain. Diantaranya

  • Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia
  • Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Timur
  • Bank Indonesia Jember
  • Otoritas Jasa Kuangan (OJK)
  • Bank BNI 46
  • Pemerintah Kabupaten Situbondo
  • Pemerintah Kabupaten Bondowoso
  • Wisata Situbondo Berkebun
  • Beberapa UMKM di WIlayah Jawa Timur
  • Universitas Jember
  • dan organisasi lainnya

Kerjasama ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih pengalaman secara langsung dilapangan dan nantinya dapat bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Disisi kualitas Sumerdaya Manusia. Dosen Fakultas Ekonomi UNARS merupakan lulusan kampus ternama dan ahli di berbagai bidang. Latar belakang pendidikan dosen saat ini sudah bergelar magister (S2) dan Doktor (S3). Sedangkan untuk kandidat Doktor yang juga akan menyusul memeperoleh gelar doktor tersebut terdiri dari 10 (sepuluh) Dosen diantaranya

  1. Karnadi M.Si
  2. Dwi Perwitasari W., SE., MM
  3. Nanik Hariyana, S.Pd., MM
  4. Luckman Ashary, SE., MM
  5. Yudha Praja, SE, M.Si
  6. Hendra Syahputra, S.Pd, MM
  7. Mohammad Iqbal Ansory, S.SI, M.Si
  8. Febri Ariyantiningsih, SE, MM
  9. Yudhistira Harisandi, ST, M.Si
  10. Randika Fandiyanto, S.E, M.M

Ke sepuluh kandidat doktor tersebut saat ini telah menyelesaikan beberapa ujian dan akan segera memperoleh gelar Doktor Ilmu Ekonomi dan Ilmu Manajemen. Jumlah keseluruhan Dosen bergelar Doktor (Dr) nantinya akan berjumlah sebelas  (12) yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

Staf pengajaran yang dimiliki saat ini berjumlah empat orang, yang juga merupakan lulusan kampus ternama dan dengan kualifikasi keahlian yang mumpuni dibidangnya. Diharapkan ini bisa menunjang dan mendukung terlaksananya administrasi akademik dan keuangan berbasis digital, sehingga mempermudah mahasiswa dalam memenuhi kewajiban administrasinya. Prinsip yang menjadi dasar bagi kami Fakultas Ekonomi adalah mempermudah dan memberikan solusi bagi permasalahan mahasiswa.

 

Alumni

Informasi pendataan Alumni Terbaru (tracer study) sebanyak 90%  seluruh Mahasiswa yang lulus menjadi Sarjana Ekonomi (SE) Fakultas Ekonomi UNARS telah memiliki pekerjaan maupun mendirikan bisnis sendiri. Hal ini juga tidak terlepas dari program entrepreneurship saat ini yang dianggap sangat efektif mengurangi tingkat pengangguran sarjana, Ketika mahasiswa memiliki kesiapan diri untuk menghadapi tantangan perekonomian saat ini dan hal tersebut dimulai sejak masih kuliah, maka lulusnya tidak mungkin menganggur.

 

Program Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Dari sisi akademik, program entrepreneurship menjadi program unggulan, hal tersebut dikarenakan banyaknya lulusan sarjana yang menjadi pengangguran, terobosan melalui program ini dapat memberikan solusi dan dorongan langsung bagi para mahasiswa untuk siap membuka lapangan pekerjaan secara mandiri. Implementasinya  dalam kurikulum yang dijalankan oleh fakultas ekonomi UNARS Situbondo saat ini banyak difokuskan pada program kewirausahaan seperti :

  1. Mahasiswa akan diajak untuk berkunjung langsung ke beberapa UMKM yang ada di dalam maupun di luar daerah didampingi dosen yang berkompeten dibidangnya
  2. Mahasiswa akan diajak untuk menyusun bisnis plan (rencana bisnis) yang paling memiliki peluang untuk sukses
  3. Dalam Kurikulum terdapat dua mata kuliah keriwausahaan (KWU 1 dan KWU 2)
  4. KWU 1 difokuskan pada analisis peluang pasar, perencanaan bisnis dan riset produk
  5. KWU 2 difokuskan pada implementasi rencana, mahasiswa diajak langsung untuk menciptakan produk, dan memasarkannya.
  6. Terdapat pelatihan kewirausahaan secara khusus setiap semester diataranya pelatihan produk-produk kreatif dengan Basic kearifan lokal
  7. Diadakan seminar nasional kewirausahaan bagi seluruh mahasiswa setiap tahunnya
  8. Mahasiswa Melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa industri untuk melihat langsung proses manajemennya

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan eksekutif mahasiswa merupakan organisasi mahasiswa yang dilindungi pihak Fakultas Ekonomi UNARS, keanggotaan merupakan terpilih secara demokratis dari mahasiswa, oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Keangotaan yang terpilih tentu akan sangat bermanfaat salah satunya  menambah pengalaman berorganisasi, terbuka  peluang untuk mendapatkan beasiswa, dan bisa memberikan suara dalam pengembangan fakultas kedepannya.

 

Fasilitas-Fasilitas

Ruang Kuliah yang memadai

Ruang kuliah khusus untuk fakultas ekonomi UNARS saat ini berjumlah  14 ruang,  sistem pembelajaran menggunakan media projektor dan whiteboard  dan mempermudah mahasiswa dalam perkuliah. Ruang kuliah yang baru dan suasana perkuliahan yang nyaman tentu menunjang terlaksananya  perkuliahan yang kondusif dan nyaman.

 

Laboratorium Komputer

Laboratorium komputer yang dilengkapi oleh beberapa fasilitas diantaranya program yang memadai dengan ruangan yang dilengkapi AC, LCD Projektor, Komputer

 

Perpustakaan dan Ruang Baca

Perpustakaan fakultas ini merupakan sarana bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNARS untuk bisa mengakses buku refrensi terbaru di masing-masing mata kuliah. Mahasiswa juga akan mendapatkan materi di kelas sesuai dengan buku yang sama dengan dosen pengampunya dan bisa menjadi dasar referensi selama proses perkuliahan di masing-masing semster. Disamping itu mahasiswa juga bisa mengakses buku di perpustakaan umum/universitas untuk memperluas keilmuannya melalui referensi buku-buku umum.

 

Fasilitas Free Wifi

Di lingkungan kampus UNARS tersedia jaringan Wifi yang khusus disediakan bagi seluruh mahasisswa jika ingin menggunakan jaringan internet untuk keperluan tugas kuliah  ataupun browsing literasi jurnal dan buku online.

 

Administrasi Akademik berbasis  Daring/Online

Mahasiswa  dapat dengan mudah melaksanakan beberapa administrasi akademik menggunakan media website seperti pemrograman mata kuliah yang akan ditempuh (KRS), pengecekan Nilai Mata Kuliah, Mengisi kuesioner dosen dan melihat jadwal akademik.

 

Beasiswa

Program beasiswa saat ini terdiri dari beasiswa PPA, BBP dan Bidik misi

Kompetisi Nasional

Mahasiswa diberikan kesempatan dan fasilitas untuk bisa mengikuti ajang-ajang perlombaan di tingkat regional maupun Nasional, hal tersebut terbukti dari beberapa mahasiswa FE UNARS yang telah lolos dalam kompetisi Entrepreneurship oleh kementerian koperasi tahun 2017 sebanyak 2 mahasiswa.

Fakultas Ekonomi - Universitas Abdurachman Saleh Situbondo - Jl. PB. Sudirman 07 Situbondo - Telp. (0338) 680243 - E-mail : ekonomi.unars@gmail.com - Facebook : Fakultas Ekonomi Unars - Instagram : @Fakultas Ekonomi Unars - Website : www.fe.unars.ac.id

Copyright © 2018 Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo

To Top