Home / Kurikulum Akademik

Kurikulum Akademik

A. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP KURIKULUM

1. Pengertian

Menurut SK Mendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar dan mengajar di perguruan tinggi. Kurikulum memuat tentang pembelajaran yang harus diketahui oleh mahasiswa serta bagaimana cara mahasiswa mencapai tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan. Kurikulum dikemas dalam bentuk yang mudah dikomunikasikan kepada berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholders) di dalam institusi pendidikan, akuntabel, dan mudah diaplikasikan dalam praktek. Kurikulum harus responsif terhadap perubahan kebutuhan stakeholders akan lulusan program studi tersebut. Kurikulum dapat berbasis kompetensi dan berbasis riset. Kurikulum berbasis kompetensi adalah kurikulum yang disusun berdasarkan elemen-elemen kompetensi yang dapat menghantarkan mahasiswa untuk mencapai kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang terkait. Kurikulum Berbasis Riset adalah kurikulum yang mendorong mahasiswa memecahkan masalah dengan cara penelitian/ilmiah (evidence based curriculum/problem solving).

Dalam kurikulum, status mata kuliah dapat dibedakan antara Mata Kuliah Wajib dan Pilihan Universitas/Fakultas/Program Studi. Mata Kuliah Wajib di tingkat universitas mempunyai ciri khas yang membedakan dengan universitas lain. Ciri khas ini merupakan pengetahuan/keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh seluruh lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Fakultas adalah penyelenggara kegiatan akademik Universitas Abdurachman Saleh Situbondo dalam dan/atau disiplin ilmu tertentu. Fakultas dapat terdiri dari satu program studi atau beberapa program studi. Program studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan/atau profesi yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan sasaran kurikulum.

2. Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Kurikulum mencakup: (a) kompetensi lulusan, (b) materi/isi pembelajaran, (c) sumber belajar, (d) strategi dan metoda pembelajaran, (e) beban dan masa studi, serta (f) sistem evaluasi hasil belajar mahasiswa.

Senat Akademik Fakultas merupakan penanggung jawab utama dalam memantau efektivitas penyelenggaraan kurikulum di tingkat fakultas. Senat Akademik Universitas merupakan penanggung jawab utama dalam memantau efektivitas penyelenggaraan kurikulum di tingkat universitas.

 

3. Tujuan dan Fungsi

Buku Pedoman Penjaminan Mutu Kurikulum dan Mahasiswa ini bertujuan untuk membantu:

  1. Fakultas/Program Studi mempunyai patokan yang terukur dan jelas serta dapat didiskusikan di dalam Peer Groups.
  2. Fakultas/Program Studi dalam menonjolkan keunggulannya disertai tanggung jawab khususnya pada stakeholders.
  3. Pengelola akademik (Dekan, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Tata Usaha & Staff, Peer Groups, dan dosen), dalam merencanakan, menyelenggarakan dan menyempurnakan kegiatan pembelajaran.
  4. Pelaksana penjaminan mutu kurikulum dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan evaluasi internal kurikulum dan implementasinya.

Buku Pedoman Penjaminan Mutu Kurikulum dan Mahasiswa ini berfungsi sebagai rambu-rambu bagi civitas akademika Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo dalam rangka implementasi dan penyempurnaan kurikulum. Sasaran buku pedoman ini adalah para pengelola/penanggungjawab penyelenggara kegiatan akademik di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo baik di aras universitas, fakultas, departemen, program studi maupun dosen.

B. VISI DAN MISI KELEMBAGAAN

Kurikulum Jurusan / Program Studi harus disusun berdasarkan atas visi dan misi Universitas dan Fakultas. Berdasarkan pemikiran tersebut maka sangatlah penting mendeskripsikan visi misi Univesitas, Fakultas, Jurusan/Prodi agar menjadi media pengingat dan penyelaras langkah dalam pengembangan kurikulum dan implementasinya.

1. Visi-Misi Program Studi Manajemen FE UNARS

 [1] Visi

Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo menjadi Fakultas yang Unggul di Bidang Ekonomi.

 [2] Misi Program Studi Manajemen FE UNARS

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Mandiri, Kreatif dan Inovatif serta berjiwa Wirausaha.
  3. Mengembangkan Ilmu Ekonomi sesuai dengan kebutuhan pembangunan ekonomi.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan Stakeholders di dalam dan di luar negeri.
  5. Mengembangkan rasio sektor industri, perdagangan, jasa dan sektor informal.

 [3] Tujuan Program Studi Manajemen FE UNARS

  1. Menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi dan berwawasan Entrepreneurship.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola dana perusahaan/organisasi secara baik.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu memahami peran ilmu manajemen dalam mengelola perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan ilmu manajemen dalam rangka pencapaian tujuan dunia usaha.

C. KOMPETENSI LULUSAN

Sesuai dengan tujuan tersebut setiap lulusan prodi S1 Manajemen diharapkan memiliki kompetensi yang terdiri dari:

  1. Memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas dan profesional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, kritis, dan inovatif.
  2. Menguasai substansi ilmu dan kajian manajemen secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  3. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi dalam bidang manajemen secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memiliki kemampuan sebagai tenaga ahli manajemen di dunia kerja.
  5. Memiliki kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan manajemen dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

Profil Lulusan

Profil lulusan prodi manajemen S1 ditentukan melalui mekanisme penggabungan visi akdemik yg dilakukan dengan penggabungan Visi Akademik yang dilakukan dengan Analisis SWOT (Strengths, Weaknes, Opportunities, dan Threats) dan analsis kebutuhan pasar melalui Tracer Study kepada alumni dan juga masukan dari asosiasi profesi, pihak Stakeholder dan masyarakat (wali mahasiswa) sehingga lulusan prodi manajemen S1 diharapkan akan menjadi:

  1. Manajer Bidang Bisnis (Keuangan, Pemasaran, dan Sumber Daya Manusia)
  2. Wirausaha Bidang Jasa dan Manufaktur
  3. Ilmuwan Bidang Manajemen Bisnis (Bidang Keuangan, Bidang Pemasaran, dan Sumber Daya Manusia)

D. CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNINGOUTCOMES)

1. Model Penyusunan Kurikulum

Sesuai dengan arahan dalam Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Program Studi, perumusan kurikulum didasarkan kepada sejumlah pertimbangan yang sifatnya analisis lingkungan internal dan eksternal dalam bentuk analisis SWOT dan tracer study. Berikut ini dilukiskan model penyusunan kurikulum Program Studi Manajemen FE UNARS berdasarkan KKNI:

Page1

2. Deskripsi Generik KKNI

Terdapat sejumlah sejumlah deskripsi generik dari kualifikasi yang harus dicapai oleh lulusan Strata 1 seperti yang tertuang pada Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang terdiri dari deskripsi kompetensi yang harus dimiliki oleh semua level dan deskripsi kompetensi yang terkait dengan level/jenjang pendidikan yang disandang oleh lulusan strata 1. Uraian deskripsi umum yang harus ada pada semua tingkatan dalam KKNI adalah sebagai berikut:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalammenyelesaikan tugasnya,
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia,
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya,
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain,
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

3. Kualifikasi Lulusan Prodi Manajemen

Lulusan Strata 1 dalam perspektif KKNI berada pada level 6 yang diharapkan mencapai kualifikasi sebagai berikut:

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahlian manajemen dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

 4. Deskripsi Spesifik Program Studi Manajemen

Terdapat sejumlah pertimbangan dalam perumusan deskripsi spesifik Program Studi Manajemen FE UNARS, yaitu uraian deskripsi generik KKNI untuk level 6, analisis SWOT, dan tracer study. Berdasarkan masukan atas ketiga hal tersebut, Program Studi Manajemen menetapkan deskripsi spesifik program studi, yaitu:

Page1 (2)

5. Capaian Pembelajaran (Learning Outcome, LO) Program Studi Manajemen

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome, LO) Program Studi Manajemen mempertimbangkan deskripsi generik dan spesifik serta masing – masing profil lulusan Program Studi Manajemen FE UNARS sebagai manajer, ilmuwan, dan wirausahawan. Program Studi Manajemen menetapkan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Manajemen, yaitu:

1) Aspek Pekerjaan

2) Aspek Keilmuan

3) Aspek Manajerial

4) Aspek Sikap dan Karakter

Page1 (3) Page2 Page3 Page4

6. Penetapan Mata Kuliah

Mata kuliah yang dipilih sesuai dengan isi deskripsi capaian pembelajaran dikelompokkan berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Dalam Pasal 7 Kepmendiknas Nomor 232/U/2000 disebutkan bahwa kurikulum inti merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang harus dicakup dalam suatu program studi yang dirumuskan dalam kurikulum yang berlaku secara nasional, yang terdiri atas kelompok rnatakuliah pengembangan kepribadian, kelompok mata kuliah yang mencirikan tujuan pendidikan dalam bentuk penciri ilmu pengetahuan dan ketrampilan,keahlian berkarya, sikap berperilaku dalam berkarya. dan cara berkehidupan bermasyarakat, sebagai persyaratan minimal yang harus dicapai peserta didik dalam penyelesaian suatu program studi.

Kurikulum institusional merupakan sejumlah bahan kajian dan pelajaran yang merupakan bagian dari kurikulum pendidikan tinggi, terdiri atas tambahan dan kelompok ilmu dalam kurikulum inti yang disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas perguruan tinggi yang bersangkutan. Sesuai dengan pengelompokkan mata kuliah tersebut, penetapan mata kuliah inti dan mata kuliah institusional berdasarkan isi deskripsi capaian pembelajaran Program Studi Manajemen FE UNARS ditetapkan sebagai berikut:

Page1 Page2 Page3 Page4 Page5

E. STRUKTUR KURIKULUM DAN SEBARAN MATA KULIAH

1. Program Studi

Fakultas Ekonomi UNARS memiliki satu (1) Program Studi (Prodi) yaitu Manajemen.

2. Kurikulum Fakultas Ekonomi Unars 2013/2014

Kurikulum Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo berpedoman pada kurikulum yang terdiri dari Kurikulum Inti dan Institusional. Kurikulum Inti merupakan kelompok kajian mata kuliah dalam satu program yang dirumuskan dalam kurikulum secara nasional dan sebagai persyaratan minimum harus dicapai mahasiswa dalam penyelesaian program studi. Kurikulum Institusional merupakan sejumlah bahan kajian dan matakuliah yang merupakan bagian dari kurikulum yang terdiri dari tambahan dari kelompok ilmu yang disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Kurikulum Inti terdiri atas :

  1. Kelompok Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan untuk mengembangkan manusia untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berbudi perkerti luhur, berkepribadian, mandiori serta mempunyai tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  2. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan Dan Keterampilan (MKK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu
  3. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKS) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan tertentu
  4. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya. (MPB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseornag dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan kerampilan yang dikuasai
  5. Kelompok mata Kulaih Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) adalah kelompok kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

Kurikulum Institusional terdiri dari atas keseluruhan atau sebagain dari kelompok mata kuliah kurikulum ini yang penekanannya pada hal-hal sebagai berikut :

  1. Kelompok MKWU yang relevan dengan tujuan pengayaan wawasan, pendalaman intensitas pemahaman dan penghayatan MKWU Inti.
  2. Kelompok MKK yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensikeilmuan atas dasar keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi yang bersangkutan.
  3. Kelompok MBK yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keahlian dalam berkarya di masyarakat sesuai dengan keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi yang bersangkutan
  4. Kelompok MPB yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan perilaku berkarya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masyarakat untuk setiap program studi
  5. Kelompok MBB yangrelevan untuk mengupayakan pemahaman serta penguasaan ketentuan yang berlaku dalam berkehidupan di masyarakat, baik secara nasional maupun global yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya

3. Kurikulum Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen mempunyai konsentrasi, manajemen keuangan, manajemen sumberdaya manusia dan manejemen operasional serta pemasaran. Konsentrasi disini masih belum dapat dipisahkan pada masing-masing spisifikasi  keahlian, akan tetapi disesuaikan pada lingkungan daerah yaitu dari masing – masing konsentrasi diambilkan mata kuliah yang memenuhi kebutuhan potensi daerah. Sehingga pengelompokan mata kuliah jurusan manajemen akan diatur sebagai berikut :

Page1 Page2 Page3 Page4