Home / AKTIVITAS TERBARU / Mengapa 95% bisnis online cenderung gagal..?

Mengapa 95% bisnis online cenderung gagal..?

Akhir-akhir ini banyak sekali pengusaha online bermunculan baik di media sosial ataupun di ecommerce. Sayangnya banyak dari pelaku bisnis online mengalami kegagalan secara instan.

Fenomena ini tentu menjadi perhatian peneliti dari Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo.

20180128_131306

 Mengapa 95% bisnis online sering gagal? Sebenarnya  karena beberapa faktor :

1. KURANG YAKIN PADA BISNIS SENDIRI

Ya, jelas hal tersebut membuat kita selalu labil alias PLINPLAN pada usaha kita,  ditambah lagi ketia muncul usaha-usaha lain yang selalu terlihat lebih bagus dari usaha kita.

Ingatlah bahwa sesuatu yang besar butuh waktu untuk mendapatkannya, Bahkan seperti halnya perusahaan besar yang dimulai dengan proses yang tidak  mudah dan butuh waktu serta pengorbanan yang besar, “tidak semudah seperti di Sinetron gitu”.

Berbisnis yang sukses itu tidak semata-mata karena uangnya, tapi kejarlah progres dari usaha anda dan nanti juga akan memperoleh keuntungan yang sedikit-demi sedikit akan terus meningkat . Peganglah prinsip bahwa “setiap usaha saya pasti akan ada hasilnya” no action ya no result  dan tidak mungkin hasil menghianati usaha itu sendiri.

2. FOKUSLAH PADA SATU BISNIS SAJA DULU

Disamping itu ada prinsip lain yang harus kita pegang yaitu mengawali bisnis jangan pinplan, satu bisnis saja dijalankan dan jangan mudah bosan, tunggulah waktu sembari melakukan expansi pada usaha kita. Karena dalam prinsipnya tidak ada bisnis yang paling bagus di dunia ini, dan tidak semua bisnis yang bagus itu bisa cocok untuk semua orang

Kalau kita tidak fokus maka pesaing akan dapat dengan mudah mengalahkannya baik dipasar online maupun di pasar offline

3. KURANGI MEMBACA INFORMASI BISNIS YANG TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN USAHA KITA

Semakin banyak informasi yang tidak ada hubungannya dengan usaha kita  justru akan memberikan dampak yang kurang baik bagi usaha kita, Banyaknya informasi membuat pengusaha menjadi tidak fokus Pada usaha yang baru kita rintis, emosional melihat bisnis lainnya terlihat lebih baik sehingga muncul sikap psimis diri, ya sangat  jelas semangat akan turun pada usaha kita sendiri.

Carilah informasi yang berkaitan saja seperti pasar, mitra, harga dan lain-lain

Yang lebih bisa mempengaruhi pendirian pada kita untuk mengejar prospek bisnis kedepan

4. TIDAK ADANYA MITRA YANG JELAS ATAU JARINGAN PENJUALAN

Perbanyak membuka mitra penjualan, jika mampu bentuk komunitas penjualan online di beberapa daerah tentu sangat membantu bisnis kita, mungkin bisa  dengan konsep bagi hasil. Mitra yang memiliki pangsa  pasar lebih luas tentu akan sangat membantu penjualan usaha kita.

5. TIDAK ADANYA DIVERSIFIKASI PRODUK

Konsumen selalu punya bosan, jika satu jenis produk bisa diversifikasi (inovasi) menjadi beberapa jenis maka bisa mengirangi rasa bosan konsumen. Disamping itu juga  loyalitas konsumen kita bisa tetap dibangun.   Ingatlah bahwa banyak orang yang ingin meniru usaha kita, maka ciptakanlah inovasi dan jangan pernah berhenti sampai pesaing tidak mampu mengejar kita

6. BERDO’A KEPADA ALLAH UNTUK KESUKSESAN USAHAMU

@Dika.Fandy

Semoga Sukses

Check Also

UJIAN KOMPREHENSIF, FAKULTAS EKONOMI UNARS SITUBONDO JUM’AT, 06 APRIL 2018

Hari ini Sabtu, 07 April 2018 Fakultas Ekonomi UNARS Situbondo melaksanakan Ujian Komprehensif bagi sebanyak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *